Sabtu, 29 September 2012

Tentang Lupus

Apakah lupus ? 
lupus merupakan penyakit peradangan kritis yang bisa tentang kulit, sendi, ginjal, paru, susunan saraf serta alat tubuh yang lain. tanda-tanda tersering merupakan bercak kulit, artritis ( radang sendi ) kerap dibarengi lemah badan serta demam. perjalanan penyakit lupus bermacam dari mudah sampai berat berselang seling kambuh serta baik. lupus terlebih diderita oleh wanita terlebih pada saat subur ( wanita 10 kali seringkali dari pada pria ). 

Apa pemicu lupus ? 
pemicu lupus masih belum ditemukan. namun ada lebih dari satu faktor efek yakni genetik ( keturunan ) serta lingkungan yang mengakibatkan lupus. faktor lingkungan yang diperkirakan untuk jadikan pemicu merupakan obat-obatan, racun, makanan serta cahaya matahari. 

Bagaimana tanda-tanda lupus ? 
tanda-tanda lupus amat bermacam, oleh dikarenakan itu dokter kadang-kadang sukar untuk mendiagnosa penyakit ini. umumnya dimulai dengan lemah badan, demam serta nyeri pada sendi serta otot. terkadang tanda-tanda ini disalahartikan dengan flu yang berulang. 

Lupus bisa tentang beragam alat tubuh. tanda-tanda yang dirasakan merupakan : 

Sistem otot serta tulang : sakit pada sendi pada ke-2 segi ( kiri ataupun kanan ) tanpa mengakibatkan kerusakan sendi. kerap tentang tangan, lutut serta pergelangan tangan. terkadang dibarengi dengan rasa lemas serta nyeri pada otot. 

Kulit dna rambut : keterlibatan kulit terjadi 90% penderita lupus. dengan klasik bisa ditemukan kemerahan di wajah ( malar rash ) yang dicetuskan oleh tuturan cahaya matahari. tak hanya itu juga dijumpai lesi diskoid pada kulit. rambut terlebih pada dahi jadi rontok. lesi kulit serta rambut bisa dihilangkan dengan penyembuhan yang baik. 

Ginjal : rusaknya ginjal dijumpai pada nyaris semua penderita lupus. bila kerusakannya berat jadi dibutuhkan penyembuhan imunosupresif. karenanya mutlak kiranya memeriksa urin dengan berkala dikarenakan stadium awal dari rusaknya ginjal ditandai karenanya ada protein didalam urin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar