Senin, 24 September 2012

Penyakit Paru-Paru, Penyebab & Solusi

Kesehatan paru-paru bisa terancam disebabkan keadaan lingkungan serta pola hidup yang tidak sehat. tak hanya rokok, polusi hawa di lingkungan kerja lalu bisa mengakibatkan kerusakan paru-paru. 

Paru-paru merupakan di antara organ pada sistem pernapasan yang berperan untuk jadikan area bertukarnya oksigen dari hawa yang menggantikan karbondioksida didalam darah. proses ini diberi nama untuk jadikan respirasi gunakan batuan haemoglobin untuk jadikan pengikat oksigen. sesudah o2 didalam darah diikat oleh hemoglobin, berikut dialirkan ke semua tubuh. tersebut 12 penyakit yang ada pada paru-paru tuturan steve parker didalam buku "ensiklopedia tubuh manusia". 

1. penyakit paru disebabkan kerja 
asbestosis, silikosis, serta pneumokoniosis dikarenakan oleh menghirup partikel yang mengiritasi serta bikin peradangan jaringan paru-paru, mengarah ke munculnya fibrosis. orang yang berisiko tinggi menderita penyakit paru-paru disebabkan pekerjaan, merupakan beberapa pekerja yang terpapar partikel beracun sepanjang bertahun-tahun, contohnya beberapa pekerja tambang. 

pada penyakit paru-paru disebabkan kerja, ada penebalan perlahan ( fibrosis ) jaringan paru-paru, yang selanjutnya menyebabkan pembentukan jaringan parut ireversibel. 

tanda-tanda : 
tanda-tanda layaknya sesak napas serta batuk bisa timbul perlahan, namun lantas memburuk bertahun-tahun sesudah tuturan hilang. di negara maju, penyakit ini makin jarang terjadi lantaran sebagian besar pekerja memakai baju pelindung serta masker di lingkungan beresiko, namun di negara berkembang ketentuan ini kerap tidak dipatuhi. 

2. silikosis 
silikosis merupakan di antara penyakit paru disebabkan lingkungan kerja. penyakit ini adalah satu pneumokoniosis yang dikarenakan oleh inhalasi partikel-partikel kristal silika bebas. 

silika merupakan sejenis bahan yang banyak dipakai didalam bangunan serta perusahaan konstruksi. silika didalam wujud padat tidak beresiko, namun wujud butiran debu amat tidak baik untuk paru-paru. yang terhitung silika bebas merupakan kuarsa, tridimit, serta kristobalit. 

3. asbestosis 
asbestosis merupakan penyakit paru yang dikarenakan banyaknya zat asbes yang terhirup paru-paru, hingga mengakibatkan rusaknya berat. pada lebih dari satu kasus asbestosis, bisa terjadi kanker paru-paru. 

- kanker paru-paru 
keberadaan tumor ganas di paru-paru disebut kanker paru-paru. kanker paru-paru merupakan kanker sangat umum didunia serta kian lebih satu juta kasus baru ditemukan tiap-tiap th.. 

pemicu : 
pemicu sangat kerap kanker paru-paru yang ditemukan nyaris 90 % dari semua kasus merupakan rokok. banyaknya zat iritan yang terhirup waktu bernapas menyebabkan perkembangan sel abnormal didalam paru-paru, namun rokok memiliki kandungan beberapa ribu zat karsinogen ( pemicu kanker ). 

didalam kasus yang amat jarang, kanker paru-paru dikarenakan oleh asbes, zat kimia beracun, atau gas radioaktif radon. layaknya penyakit kanker yang lain, kanker paru-paru lalu bisa dipicu oleh keberadaan faktor genetik serta penerapan pola hidup yang tidak sehat, yang biasanya layaknya merokok serta terlampau banyak minum-minuman alkohol, dan kurangnya berolahraga. 

tanda-tanda : 
tanda-tanda awal kanker paru-paru tidak spesifik. tetapi, biasanya batuk yang terus-menerus umumnya tanda-tanda sangat awal. lantaran umumnya orang yang menderita kanker paru-paru merupakan perokok, jadi biasa disebut batuk perokok. tanda-tanda lain berbentuk batuk berdarah, mengi, berat badan turun, nada serak yang terus-terusan, serta nyeri dada. 

penyembuhan : 
bila uji laboratorium menegaskan adanya kanker paru-paru, lobektomi atau pengangkatan sesuatu lobus paru-paru, atau pnenomektomi yang adalah pengangkatan sesuatu paru dengan keseluruhan bisa dikerjakan. ini umumnya dianjurkan cuma bila tumor berukuran kecil serta belum menyebar. kemoterapi serta radioterapi bisa diberikan untuk meredakan tanda-tanda, bukan hanya mempunyai tujuan untuk mengobati penyakit. 

penyebaran kanker paru-paru : 
kanker paru-paru bisa menyebar ( metastasis ) ke bagian tubuh lain. metastasis ke tulang bisa menyebabkan rasa nyeri serta patah tulang. didalam otak mengakibatkan sakit kepala serta penurunan kesadaran, dan didalam hati mengakibatkan penurunan berat badan serta ikterus dimana kulit jadi berwarna kekuningan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar