Senin, 17 September 2012

Ketahuilah ada Banyak Manfaat Minyak Zaitun

Obesitas saat ini jadi problem dunia, terhitung indonesia. bersamaan dengan meningkatnya angka kegemukan, jumlah penderita penyakit layaknya jantung serta diabetes juga makin tinggi. di antara langkah buat menghindar perihal ini yaitu dengan pintar pilih minyak buat dikonsumsi. 

Data tunjukkan bahwa penyakit tidak menular jadi pemicu kematian paling tinggi didunia. di indonesia, persentase kematian awal disebabkan penyakit tidak menular lebih tinggi di banding persentase dunia. posisi pertama ditempati oleh kanker, lantas dengan berturut-turut diikuti dengan diabetes, penyakit pernafasan kronik, serta penyakit jantung. 

Di antara hal penting penyakit jantung koroner yaitu obesitas. penumpukan kolesterol serta lemak di dinding didalam arteri bisa menghalangi aliran darah ke jantung, hingga bisa timbul serangan jantung. tidak cuma itu, obesitas juga dapat menyebabkan risiko stroke dan gagal ginjal serta hati. 

Meningkatnya angka obesitas tidak lain lantaran pola hidup kita yang telah berevolusi. komputerisasi bikin kita tidak butuh banyak bergerak lantaran seluruhnya serba praktis. demikian juga dengan langkah makan kita. bila dulu kita cuma mengonsumsi makanan mentah, saat ini kita konsumsi makanan olahan serta kemasan. 

Junk food yang kaya lemak jahat tetapi minim nutrisi telah jadi bagian dari mengonsumsi kita sehari-hari. majalah newsweek sampai bikin penjelasan spesial tentang obesitas jadi epidemi teranyar dunia. kita makin banyak menyantap makanan sampah tetapi makin kurang berolahraga, begitulah judul sampulnya. 

Perihal ini disampaikan oleh dr. tirta prawita sari, m. sc., sp. gk pada acara borges olive oil, healthy beauty life di la piazza jakarta, rabu ( 16/5 ). menurut ketua yayasan gerakan masyarakat sadar gizi ini, kita makin menggemuk serta menua. polusi serta stres, kegiatan fisik rendah, konsumsi makanan jadi tambah, dan radikal bebas meningkat bikin kita berisiko obesitas. adipositas sentral yaitu akar masalahnya, tuturnya. 

Adipositas sentral yaitu kegemukan yang terjadi dibagian sedang tubuh, tepatnya dibagian pinggang. lemak yang menumpuk dibagian perut dapat mengakibatkan macam-macam penyakit, diantaranya penyakit jantung serta diabetes jenis 2. perihal ini banyak dialami oleh wanita dengan wujud tubuh layaknya apel, yakni semakin besar dibagian atas di banding bagian pinggul ke bawah. 

Bagaimana langkah mencegahnya ? kita mesti merubah pola hidup jadi lebih sehat atur berat badan, sesuaikan profil lipid serta tekanan darah, dan mengendalikan inflamasi, jelas dr. tirta. di antara langkah gampang yang bisa digerakkan yaitu mengganti lemak jemu dengan lemak tidak jemu tunggal, contohnya dari minyak kelapa sawit ke minyak zaitun. 

Extra virgin olive oil bisa melakukan perbaikan faktor risiko penyakit jantung koroner. menurut penelitian, diet mediterania yang banyak memakai minyak zaitun bisa turunkan risiko diabetes mellitus serta penyakit jantung koroner. 

Apa yang bikin minyak zaitun baik untuk kesehatan ? minyak zaitun, terlebih yang murni layaknya extra virgin olive oil, tinggi kandungan lemak tidak jemu tunggalnya, yakni lebih kurang 73%. tak hanya itu, minyak ini juga kaya antioksidan terlebih fenol hingga dapat turunkan proses peradangan. 

dr. tirta berikan panduan supaya kita memperoleh faedah maksimal dari extra virgin olive oil. janganlah memanaskan minyak zaitun type ini. simpan di area yang sejuk serta terhindar dari cahaya matahari segera. botolnya lalu tidak bisa tembus sinar dan mesti tertutup rapat, kata dr. tirta. pasalnya, minyak tidak jemu mempunyai waktu simpan yang singkat serta gampang tengik lantaran oksidasi. bila telah begini, minyak zaitun lantas beracun serta merasa pahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar